Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T4/04/2017

28 Fakta Menarik Tubuh Manusia

Tubuh kita, walaupun kelihatannya sederhana, tetapi disusun oleh banyak sekali sistem sehingga kita bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Kita juga harus menjaga tubuh agar selalu sehat karena jika salah satu bagian rusak,bisa mempengaruhi bagian lainnya.
www.avkimia.com
Kenapa kita perlu menyayangi dan merawat tubuh? Alasannya adalah karena tubuh manusia tidaklah sesederhana yang kamu lihat. Berikut 40 fakta tubuh manusia yang mungkin belum kamu ketahui :

  1. Jari-jari manusia itu sangatlah sensitif. Jika jari kita ukurannya sebesar bumi ini, maka kita bisa membedakan mana rumah dan mana yang mobil hanya dengan menyentuhnya (sciencedaily.com)
  2. Panjang pembuluh darah dalam rata-rata tubuh seorang manusia adalah 60.000 mil, yang artinya kamu bisa merentangkan pembuluh darah dalam tubuh manusia sebanyak 2,5 kali putaran bumi.
  3. Mata manusia juga sangat sensitif. Buktinya jika saja bumi itu datar maka kamu bisa melihat lilin berkedip-kedid hingga 30 mil jauhnnya.
  4. Impuls syaraf bergerak dari dank e otak dengan kecepatan 250 mil perjam yang artinya lebih cepat dibandingkan kecepatan mobil balap di F1.
  5. Tahukah kamu kalau pipimu merah karena malu, maka  lapisan perutmu juga ikut memerah karena tersipu malu.
  6. Otak manusia bisa membaca sampai 1.000 kata permenit.
  7. Tahukah kamu bahwa didalam pusarmu, ada ekosistem bakteri yang jika dibandingkan besarnya sama dengan ekosistem bakteri di seluruh hutan hujan tropis. Whaaaaat? Ini mengejutkan.
  8. Ketika sedang jatuh cinta, otak manusia akan mengeluarkan senyawa yang sama seperti neurotransmitter dan hormone yang dilepaskan oleh amfetamin.Senyawa ini menyebabkan peningkatan denyut jantung, kehilangan nafsu makan dan tidur serta perasaan bahagia yang berlebihan. 
  9. Kamu bisa melihat sinar ultraviolet jika saja kamu tidak punya lensa mata. Lensa mata menghalangi kamu untuk bisa melihat sinar ini. Sebagian orang menjalani operasi untuk menghilangkan lensa mata agar bisa mendeteksi sinar ultraviolet.
  10. Seoarang manusia dewasa terbuat dari 7.000.000.000.000.000.000.000.000.000. atom. Sebagai perbandingan jumlah atom dalam tubuh manusia lebih banyak dibandingkan bintang di alam semesta yang hanya sekitar 300.000.000.000 buah.
  11. Otot-otot manusia sebenarnya jauh lebih kuatdari yang bisa kita lihatkan. Tetapi kekuatan manusia itu terbatas dengan alas an untuk melindungi otot-otot itu cedera dan merugikan diri sendiri. Keterbatasan ini bisa dihapus dengan adanya hormone adrenalin. Kalian secara tidak sadar sudah memanjat dan melompat dari pagar yang tinggi ketika dikejar anjing.
  12. Manusia adalah pelari jarang panjang paling kuat di bumi. Lebih baik dibandingkan binatang binatang yang terkenal pelari cepat. Faktanya, zaman dahulu orang mengejarmangsanya sampai ia mati kelelahan.
  13. Seluruh rambut yang ada pada kepala manusia, jika disatukan maka bisa menahan beban seberat 12 ton.
  14. Dalam 30 menit, tubuh manusia meberikan panas yang cukup untuk mendidihkan segalon air.
  15. Kita punya rambut yangsama banyaknya dengan rambut padaseekor simpanse. Hanya saja kebanyakan dari rambut ini tidak berguna dan mereka tidak terlihat oleh kita.
  16. Jumlah atom yang membuat tubuh manusia sekarang adalah sama dengan jumlah atom yang terbentuk pada proses Big Bang berjuta juta tahun yang lalu.
  17. Tulang manusia adalah sekuat granit. Sebuah blok tulang yang hanya seukuran kotak korek api bisa menahan sampai 9 ton beban.
  18. Jika otak manusia adalah computer, maka bisa menampilkan 38 ribu triliun operasi per detiknya. Computer paling canggih didunia, Bluegene,.hanya bisa membuka 0,02 % dari otak manusia.
  19. Otot yang memfokuskan penglihatan dimata bergerak sekitar 100.000 kali setiap harinya. Jumlah ini sama seperti kita berjalan sejauh 50 mil untuk melatik otot kaki.
  20. Untuk setiap satu pon otot atau lemak baru yang terbentuk ditubuh, tubuh akan membuat 7 mil saluran pembuluh darh baru.
  21. 50 % DNA manusia sama dengan pisang.
  22. Tubuh manusia membuat 25 juta sel baru setiap detiknya. Setiap 13 detik tubuh kamu telah membuat sel yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan penduduk Amerika.
  23. Manusia selama hidupnya telah melepaskan 40 pon kulit selama proses pergantian kulit setiap bulannya.
  24. Dalam satu hari, darah melakukan perjalanan 12.000 mil ke seluruh tubuh. Itu sama dengan kamu pergi pulang Amerika dari ujung barat ke timur sebanyak 4 kali.
  25. Didalam tubuh manusia itu terkandung sekitar 0,2 mg emas, Emas ini umumnya terlarut terlarutdalam darah manusia. Kamu membutuhkan 40.000 orang jika ingin mendapatkan emas seberat 8 gr. 
  26. Otak manusia memakai 20% dari seluruh oksigen dan energy yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.
  27. Beberapa wanita melihat lebih banyak warna dibandingkan manusia lain. Kebanyakan orang hanya punya 3 buah reseptor warna sedangkan bebera wanita memiliki empat yang membuatnya bisa melihat warna lebih luas dibandingkan yang lain.
  28. Ada kondisi yang disebut dengan sinestesia dimana indera penderitanya tumpang tindih. Kadang ia bisa merasakan kata-kata atau bisa mendengar warna.
You May Also Like
0 Komentar untuk "28 Fakta Menarik Tubuh Manusia"

Back To Top