-->

Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T7/19/2017

Apa Itu Senyawa Amida?

Amida adalah salah satu senyawa turunan asam karboksilat. Pada asam karboksilat mengandung gugus – COOH dan pada amida, gugus – OH dari asam karboksilat diganti dengan NH2 sehingga maida memiliki rumus umum :

R – CONH2

Dengan R adalah H, alkil atau aril.

Beberapa contoh senyawa amida sederhana
Senyawa amida sederhana yang akan kita gunakan dalam contoh reaksi adalah etanamida dengan rumus molekul CH3CONH2.

Perhatikanlah tabel berikut untuk beberapa senyawa amida sederhana :

Untuk menamai senyawa amida sangtlah mudah yaitu dengan menghilangkan kata asam dan mengganti akhirat – oat menjadi amida. Jika molekulnya memiliki cabang, karbon pada gugus – CONH2 nya selalu menjadi posisi pertama.
Contoh 1 :
 
Contoh 2 :
 
Nama : 3,4-metilheksanamida

Sifat – Sifat Fisika Amida
Titik Leleh
Metanamida berwujud cair pada suhu kamar dengan titik leleh 3 degC, tetapi senyawa amida diatasnya berwujud padat. Sebagai contoh, etanamida merupakan kristal yang mudah menyerap uap air dan tidak berwarna dengan titik leleh 82 degC. Akibat sifatnya yang mudah menyerap uap air dari udara, kristal etanamida selalu terlihat basah.

Sebagai info untuk kalian, etanamida memiliki bau seperti tikus. Hal ini disebabkan karena ketidakmurnian kristalnya yang kadang mengandung N-metiletanamida dimana atom H pada gugus – NH2 digantikan oleh gugus metil.

Titik leleh dari amida adalah tinggi jika dibandingkan dengan ukuran moelkulnya. Hal ini disebabkan karena ia dapat membentuk ikatan hidrogen. Atom H pada gugus – NH2 bermuatan parsial positif sehingga dapat membentuk ikatan hidrogen dengan atom O yang memiliki 2 pasang elektron bebas dan bermuatan parsial negatif.

Ikatan hidrogen pada amida ditunjukkan oleh gambar berikut ini :
Sebagaimanan yang kalian lihat, akan ada banyak sekali kemungkinan terbentuknya ikatan hidrogen, tidak hanya seperti ditunjukkan oleh gambar diatas. oleh kareti itu ketika melelehkan padatan amida, dibutuhkan energi yang lebih besar untuk memutus ikatan hidrogen yang terjadi antara molekulnya sehingga titik leleh senyawa menjadi lebih tinggi.

Kelarutan dalam Air
Amida dengan rantai karbon yang tidak terlalu panjang, larut didlam air karena mereka memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan hidrogen dengan air. sebelum proses melarutkan, akan ada energi yang dibutuhkan untuk melepas ikatan hidrogen yang terjadi antara sesama molekul air dan sesama molekul amida. Tetapi energi akan dilepaskan kembali ketika ikatanm hidrogen antara molekul amida dan air terbentuk.

Perhatikanlah gambar berikut untuk melihat bagaimanan ikatan hidrogen antara amida dan molekul air terjadi :
Nah, sampai disini tentu kalian sudah semakin mengenal apa itu senyawa amida bukan. Berarti kalian sudah siap menerima pelajaran – pelajaran selanjutnya tentang amida. Jika kalian suka dengan artikel ini, jangan lupa di share ya! Terimakasih.
Bantu Orang Untuk Temukan Artikel Ini Lewat Tombol Share Di Bawah Ini
0 Komentar untuk "Apa Itu Senyawa Amida?"

Back To Top