-->

Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T7/12/2017

Asam – Asam Paling Berbahaya Di Dunia

Bagi kalian yang pernah ke laboratorium, baik di sekolah maupun di kampus tentu akan sering menjumpai zat yang namanya asam. Kita mungkin di peringatkan terlebih dahulu oleh guru atau laboran untuk selalu berhati – hati jika menggunakan zat – zat asam karena beberapa dari mereka bersifat korosif. Ketika tertetes ke kulit, dapat menyebabkan efek seperti luka bakar.

Efek luka bakar ini bisa dihasilkan oleh asam – asam kuat seperti asam sulfat dan asam nitrat pekat. Ibaratnya jika kulit kita terkena asam ini, efek nya sama seperti bara api yang mengenai kulit. Untungnya jika tertetes pada kulit, asam – asam ini bisa dihilangkan dengan cara mengelapnya dengan kain atau membilasnya dengan air. setelah itu, efek membakarnya akan hilang.

Tetapi, asam yang paling berbahaya di dunia tidak hanya menjadi asam yang bersifat korosif, tetapi bahkan bisa melarutkan tulang dan tubuh manusia atau mahkluk hidup yang bersentuhan dengannya. Efek asam tidak bisa dihilangkan hanya dengan mengelap atau membilasnya dengan air. mereka akan tetap bereaksi dengan jaringan tubuh sampai semua molekul asamnya habis bereaksi.

Asam sulfat dan asam nitrat bukanlah termasuk asam yang paling berbahaya di dunia. Berikut adalah daftar 3 buah asam yang dikategorikan paling berbahaya didunia dan tentunya memiliki efek yang sangat buruk.

1. Aqua Regia 
Aqua regia adalah campuran jingga-kemerahan dari asam yang biasanya digunakan untuk melarutkan logam – logam mulia.
Sebagaimana yang kalian tahu, umumnya asam memang bisa melarutkan logam tetapi beberapa logam (logam mulia) sangat stabil sehingga tahan terhadap efek yang diberikan oleh asam biasa. Disinilah aqua regia memiliki fungsi. Aqua regia diartikan sebagai “royal water” karena asam ini merupakan campuran dari asam klorida (HCl) dan asam nitrat (HNO3) yang bisa melarutkan logam mulia seperti emas dan platina.

Jika tidak dicampur, kedua asam tidak tidak bisa melarutkan logam – logam mulia. Aqua regia mengambungkan sifat kimia “membakar” yang sangat berbahaya dari dua buah asam yang sangat korosif. Gabungan ini menjadikan aqua regia sebagai salah satu campuran asam paling berbahaya di dunia.

Parahnya lagi, aqua regia dapat kehilangan kemampuan melarutkan logam jika di campur dalam waktu yang lama. Sehingga biasanya, orang – orang akan mencampur asam nitrat dan asam klorida untuk membuat aqua regia pada saat akan digunakan saja. Ketika dua asam ini dicampurkan ia akan menghasilkan senyawa klorin beracun yang mudah menguap dan nitrosil klorida. Nitrosil klorida akan terdekomposisi/terurai menjadi gas Cl2 dan oksida nitrat yang akan kembali bereaksi dengan udara membentuk gas nitrogen dioksida yang juga beracun.

Mereaksikan aqua regia dengan logam juga tidak kalah berbahayanya. Reaksi keduanya akan menghasilkan lebih banyak lagi uap beracun yang masuk ke udara sehingga kalian yang bekerja dengan asam ini harus memastikan jika sirkulasi udara tempat kalian bekerja benar – benar bagus. Jika tidak, maka efeknya akan akan buruk bagi manusia.

2. Larutan Piranha 
Larutan piranha atau yang sering juga disebut asam Caro’s (H2SO5) adalah asam yang terbuat dari campuran asam sulfat (H2SO4) dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat melarutkan berbagai macam molekul organik.
Sekarang asam ini banyak digunakan oleh pabrik – pabrik industri elektronik tetapi  dahulu campuran asam in digunakan dalam laboratorium kimia untuk membersihkan alat – alat kaca praktikum. Tetapi sekarang sudah tidak boleh digunakan lagi dalam laboratorium kimia karena asam ini sangat berbahaya.

Apa yang membuat asam ini sangat berbahaya? Pertama adalah dari proses pembuatannya. Campuran asam sulfat dan hidrogen peroksida adalah zat pengkoksidasi yang sangat kuat dan sangat korosif. Ketika dicampur akan dihasilkan panas yang bisa membuat larutannya mendidih  dan tentunya bisa memanaskan wadah tempat mereka dicampur. Jika wadah tidak tahan terhadap panas yang dihasilkan oleh campuran, maka bisa membuatnya pecah dan menumpahkan cairan panas keluar.

Ledakan bisa saja terjadi jika kita tidak mencampur kedua asam sesuai dengan perbandingan yang tepat atau jika kita memasukkan hidrogen peroksida ke dalam asam sulfatnya terlalu cepat.

Ketika kita menggunakan campuran asam ini, terlalu banyak materi organik yang larut didalamnya bisa menyebakan larutan menghasilkan gelembung – gelembung yang mengandung gas yang bersifat eksplosif sehingga dapat menimbulkan ledakan.

Masalah tidak berhenti disitu saja. Ketika kita sudah selesai menggunakan larutan asam ini, membuangnya akan menjadi permasalahan. Kalian tidak boleh mereaksikannya dengan basa untuk mengurangi sifat asamnya. Hal ini disebabkan karena jika dicampur dengan basa, reaksi yang terjadi sangat kuat dan akan menghasilkan gas oksigen dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menimbulkan ledakan.

3. Asam Fluorida
Asam fluorida (HF) hanyalah golongan dari asam lemah yang artinya ketika dilarutkan ke dalam air, tidak terion sempurna. Tetapi walaupun begitu, asam fluorida bisa kita kategorikan sebagai salah satu asam paling berbahaya didunia.

Asam ini biasa digunakan untuk membuat abat – obatan yang yang mengandung F (fluor), teflon, gas F2, dan beberapa kegunaan laboratorium dan industri.

Lalu apa yang membuat HF menjadi asam yang paling berbahaya didunia? Pertama asam ini dapat melarutkan hampir semua benda termasuk gelas. Oleh karena itu biasanya HF disimpan dalam tabung plastik yang tidak bisa dilarutkannya.

Menghirup atau menelan sedikit saja asam fluorida dapat menimbulkan efek yang mematikan. Jika kamu menuangkannya pada kulit, ia dapat mematikan syaraf di kulit sehingga kamu mungkin tidak akan menyadari sampai kesesokan harinya bahwa kamu telah terkena asam ini. Dalam kasus lain, jika terkena asam ini kamu akan merasakan sakit yang sangat tetapi bekas lukanya baru terlihat sehari setelah kamu terkena.

Asam ini tidak hanya akan berhenti bereaksi dengan kulit tetapi bisa masuk ke aliran darah dan bereaksi dengan tulang. Ion fluorin dapat mengikat kalsium dari tulang sehingga dapat melarutkannya. Jika jumlahnya fluorin yang masuk ke aliran darah cukup banyak maka ia dapat mengganggu metabolisme kaslium sehingga akan membuat jatung kita berhenti bekerja. Jika ini terjadi maka dapat menimbulkan kematian.

Wuiih bahaya juga ya gaes. Intinya zat semua zat kimia itu harus diatangani dengan hati – hati terutama jika kalian masuk dan melakukan praktikum di laboratorium. Tentunya kalian tidak mau mendapatkan bahaya akibat kecerobohan kalian bukan!
Bantu Orang Untuk Temukan Artikel Ini Lewat Tombol Share Di Bawah Ini
0 Komentar untuk "Asam – Asam Paling Berbahaya Di Dunia"

Back To Top