-->

Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T11/21/2017

Struktur dan Fungsi Jaringan Daun Tumbuhan

Kamu tahu bahwa daun tumbuhan umumnya memiliki warna hijau dan dapat melakukan fotosintesis. Bagaimana cara daun dapat melakukan fotosintesis? Dan di bagian apa proses fotosintesis itu terjadi?

Untuk mengetahuinya marilah kita bahas struktur dan fungsi jaringan daun pada tumbuhan berikut ini!

Struktur Daun

Pada permukaan atas dan bawah daun terdapat lapisan tipis sel yang disebut dengan epidermis. Epidermis berfungsi untuk melindungi jaringan yang beradadi bagian dalam daun.

Pada beberapa tumbuhan, lapisan epidermis ini dilapisi lagi oleh lapisan kutikula yang serupa lilin. Lapisan ini berfungsi untuk mencegah penguapan terlalu besar di bagian daun.

Epidermis tersusun oleh selapis sel yang dinding selnya mengalai penebalan dari kitin (kutikula) atau kadang lignin. Pada beberapa tumbuhan, epidermis daun mengalami meodifikasi emnjadi berbagai bentuk lain seperti :
1. Stomata
2. Trikoma
3. Sel kipas

Lapisan epidermis daun yang mengalami modifikasi ini akan memiliki fungsi tambahan lainnya seperti stomata berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Stomata banyak ditemukan di permukaan daun. Stomata terdiri dari lubang yang diapit oleh da sel penutup.

Dibawah lapisan epidermis, terdapat jaringan mesofil yang merupakan jaringan parenkim (dasar). Mesofil terletak antara epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil padatumbuhan dikotil berdiferensiasi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Parenkim palisade atau jaringan tiang. Jaringan ini terdiri dari sel – sel berbentuk silinder, tersusun rapat dan banyak mengandung kloroplas.
  2. Parenkim spons atau jaringan bungan karang. Jaringan ini tersusun dari sel – sel yang tidak teratur, terususn renggang dan mengandung sedikit kloroplas.

Mesofil pada tumbuhan monokotil tidak berdeferensiasi dan hanya tersusun atas sel parenkim yang struktur dan ukurannya seragam.

Dibawah jaringan mesofil, terdapat berkas pengangkut yang membentuk struktur kompleks yang disebut dengan tulang daun. Berkas pengangkut ini terdiri atas xilem dan floem.

Fungsi Daun
Fungsi utama dari daun pada tumbuhan adalah sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

Apa itu fotosintesis?

Secara sederhana, fotosintesis adalah proses pengubahan moleul air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) menjadi molekul glukosa/gula dan gas oksigen. Secara kimia, proses fotosintesis dapat ditulis sebagai berikut :

                      Cahaya
                     Matahari
CO2 + 6H2O ======> C6H12O6 + 6O2

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahap yaitu :
1. Reaksi terang
Maksud dari reaksi terang adalah bahwa reaksi – reaksi kimia yang terjadi selama tahap ini membutuhkan adanya cahaya matahari agar dapat berlangsung. Cahaya matahari ini diserap oleh klorofil/zat hijau daun yang terdapat pada jaringan mesofil.

Klorofil memiliki rumus kimia C55H72O5N4Mg. Molekul ini adalah molekul utama yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis. Lorofil dapat menyerap cahaya merah, biru dan ungu dari matahari dan memantulkan cahaya hijau dan kuning.

Cahaya yang diserap berfungsi sebagai energi untuk memecah molekul air menjadi dua molekul O2 dan H2.

Oksigen yangg dihasilkan oleh reaksi ini kemudian akan dikeluarkan melalui stomata daun.

2. Reaksi gelap
Gas hidrogen yang dihasilkan pada reaksi terang akan digunakan pada reaksi gelap. Maksud dari reaksi gelap pada proses fotosintesis adalah bahwa reaksi – reaksi kimia yang berlangsung pada tahap ini tidak membutuhkan cahaya matahari.

Fotosintesis pada tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting, baik bagi tumbuhan itu sendiri maupun bagi makhluk hidup lain di muka bumi. Tumbuhan melakukan proses fotosisntesis untuk membuat makanan yang digunakan untuk tumbuh dan berkembang.

Tumbuhan juga menghasilkan oksigen yang dilepaskan keatmosfer setelah proses fotosintesis terjadi. Oksigen digunakan oleh hampir semua makhluk hidup di bumi ini, termasuk manusia dalam proses pernafasan agar terus dapat hidup.

Lebih dari 90% oksigen yang ada di atmosfer dihasilkan oleh proses fotosintesis pada tumbuhan. Jadi dapat dikatakan bahwa proses fotosintesis sangat penting untuk keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi.

Dengan membaca postingan ini, tentunya kamu sudah snagat6 paham bukan bagaimana struktur dan fungsi jaringan daun pada tumbuhan. Semoga postingan ini bermanfaat buat kamu yang membutuhkan ya!

Jangan lupa komen, like dan share artikel ini, oke! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!
Bantu Orang Untuk Temukan Artikel Ini Lewat Tombol Share Di Bawah Ini
0 Komentar untuk "Struktur dan Fungsi Jaringan Daun Tumbuhan"

Back To Top