Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T1/27/2018

Jantung Manusia: Bagian-Bagian, Fungsi dan Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Jantung?
Jantung merupakan organ yang tersusun atas otot-otot seukuran kepalan tangan manusia. Fungsinya adalah sebagai orgam pemompa darah sehingga darah bisa beredar ke seluruh tubuh. Jantung merupakan organ utama dalam sistem peredaran darah manusia.

Jantung manusia terletak di rongga dada bagian tengah dan agak condong sedikit ke kiri. Tepatnya, jantung manusia berada di belakang sternum, diatas diafragma dan di dalam rongga mediastrium (rongga dada diantara kedua paru-paru).

Anatomi Jantung Manusia
Jantung manusia terdiri dari bagian-bagian berikut:

1. Perikardium (selaput jantung)
Jantung manusia berada di dalam rongga yang berisi cairan yang disebut dengan rongga perikardial. Dinding rongga perikardial ini yang membungkus jantung dan disebut dengan perikardium.

Perikardium merupakan membran yang memproduksi cairan yang berfungsi untuk melumasi jantung dan mencegah gesekan antara antung yang selalu berdetak dengan organ-organ lain disebelahnya.

Selain itu, perikardium juga berfungsi untuk mempertahankan posisijantung dan menyediakan ruang kosong agar jantung manusia dapat berkembang dnegan sempurna.

Perikardium memiliki dua lapisan yaitu:
a. Lapisan viseral yang menutupi bagian luar jantung.
b. Lapisan parietal yang membentuk kantung di sekitar bagian luar rongga perikardial.

2. Dinding Jantung
Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu:
a. Epikardium
Merupakan laipsan terluar dinding jantung. Epikardium berbentuk lapisan tipis yang juga menghasilkan cairan yang berfungsi untuk membantu melumasi jantung dan melindungi bagian luar jantung.

b. Miokardium
Lapisan paling tebal penyusun dinding jantung. Pada miokardium inilah terdapat jaringan otot jantung yang berkontraksi untuk memompa darah.

c. Endokardium
Endokardium merupakan lapisan endothelium yang sangat halus dan melapisi bagian dalam jantung. Fungsi endokardium adalah untuk menjaga agar darah tidak menempel ke bagian dalam jantung. Jika seandainya darah menempel ke bagian dalam jantung, maka akan terbentuk darah beku yang bisa menyebabkan kematian.

Ketebalan dinding ajntung bervariasi, tergantung fungsinya. Lapisan miokardium pada atrium jantung sangat tipis. Hal ini disebabkan karena atrium hanya perlu memompa darah menuju ventrikel jantung.

Sebaliknya, miokardium ventrikel sangat tebal karena merea harus memompa darah menuju paru-paru atau seluruh tubuh.

Dan juga, bagian kanan jantung memiliki laipsan miokardium yang lebih tipis dibandingkan bagian kiri jantung. Hal ini disebabkan karena bagian kanan ajntung hanya perlu memompa darah ke paru-paru. Sednagkan bagian kiri jantung harus memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

3. Ruang di dalam Jantung
Jantung memiliki 4 buah ruang yaitu:
1. Atrium/serambi kanan
2. Atrium kiri
3. Ventrikel/bilik kanan
4. Vebtrikel kiri

Ukuran atrium lebih kecil dibandingkan ventrikel dan dinding jantungnya juga lebih tipis akrena tidak mengandung banyak jarinagn otot jantung. Atrium bertindah sebagai penerima darah sehingga mereka terhubung dengan pembuluh darah vena yang membawa darah dari seluruh tubuh ke jantung. Darah yang dibawa adalah darah yang mengandung banyak karbon dioksida.

Ventrikel adalah ruang pemompaan darah menuju paru-paru dan seluruh tubuh. Oleh sebab itu, ukurannya lebih besar dan mengandung jaringan otot jantung dalam jumlah yang banyak agar mampu memompa darah lebih kuat.

Ventrikel terhubung dengan arteri (pembuluh nadi) yaitu pembuluh yang membawa darah dari jantung. Darah yang dibawa mengandung banyak oksigen.

Ventrikel/bilik dibagian kanan janutng lebih kecil ukurannya dibandingkan ventrikel kiri. Hal ini disebabkan karena dinding ventrikel lebih tipis dan mengandung lebih sedikit jaringan otot jantung pada lapisan miokardiumnya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, perbedaan ukuran ruang jantung ini disebabkan karena perbedaan fungsinya.

4. Katup Jantung
Jantung manusia memiliki dua jenis katup yaitu:
a. Katup atrioventrikular (AV)
Katup AV terletak di bagian tengah antara ventrikel dan atrium. Katup ini hanya memperbolehkan darah mengalir dari atrium ke ventrikel, tetapi tidak sebaliknya.

Ketika mengalirkan darah ke ventrikel, katu ini akan terbuka. Setelah darah sampai di ventrikel, katup jantung akan tertutup yang mencegah darah untuk kembali ke atrium.

Katup AV di bagian kiri disebut dengan katup mitral atau katup bicupsid. Katup ini memiliki dua helaian yang bisa membuka dan menutup. Sednagkan katup AV di bagian kanan disebut katup tricupsid karena memiliki tiga helaian.

Katup AV hanya boleh membuka ke arah atas (ventrikel). Oleh karena itu, katup AV akan dilekatkan ke sisi ventrikel, ke bagian yang disebut dengan chordae tendinese. Chordae tendinese akan menarik katup AV agartidak terbuka ke arah belakang sehingga darah di ventrikel tidak kembali ke atrium.

b. Katup semilunar
Dinamai katup semilunar karena memang bentuknya seperti bulat sabit. Katup semilunar terletak antara ventrikel dengan arteri. Arteri merupakan pembuluh yang membawa darah menjauh dari jantung.

Katup semilunar dibagian kanan disebut katup pulmonalis. Katup ini berfungsi untuk mencegah agar darah yang dipompakan ventrikel kanan ke arteri pulmonalis tidak kembali lagi ke ventrikel.

Katup semilunar di bagian kiri disebut katup aorta dan berfungsi untuk mencegah agar darah yang dimpompakan ventrikel kiri ke aorta tidak kembali lagi ke ventrikel.

Ukuran katup semilunar lebih ksecil dibandingkan katup AV dan tidak memiliki chordae tendinese. Sebagai gantinya, katup semilunar berbentuk cangkir untuk menangkap darah dan menggunakan tekanan darah untuk menutup celah katupnya sehingga darah tidak bebalik arah.

Nah sekian penjelasan super lengkap mengenai bagian-bagian jantung serta fungsinya masing-masing. Semoga post ini bermanfaat buat kamu yang sednag mencari informasi ini.

Untuk pembuluh darah akan dibahas dalam artikel berbeda. Nanti akan diupdate lagi ya! Jika kamu suka dengan postingan ini, jangan lupa like, share dan juga komen ya. Terima kasih sudah berkunjung!
0 Komentar untuk "Jantung Manusia: Bagian-Bagian, Fungsi dan Penjelasan Lengkapnya"

Back To Top