Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T1/29/2019

Tutorial Menjawab Soal Kimia Kelas 12 SMA Materi Tata Nama Senyawa Keton/Alkanon

Assalamu’alaikum, pengunjung blog avkimia.com tercinta. Apa kabarmu hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Kali ini, mari kita belajar menamai salah satu kelompok senyawa turunan alkana yang memiliki gugus fungsi – CO – yaitu alkanaon atau keton.

Jika kamu sudah belajar adn pandai dalam memberi nama senyawa alkana, maka kamu akan jauh lebih mudah dalam menamai senyawa keton. Agar kamu lebih paham, mari kita beri nama beberapa senyawa keton dengan rumus struktur seperti di bawah ini.

Soal 1
Berilah nama senyawa keton berikut ini.
Pembahasan:
Perhatikan senyawa diatas baik-baik, dan kita akan mulai memberi nama senyawa diatas.

Mirip dengan tata nama alkana, terlebih dahulu kita tentukan rantai induk senyawa keton diatas. Bedanya, pada senyawa keton, rantai induk adalah rantai terpanjang yang mengandung gugus fungsi.

Rantai induk dari senyawa diatas adalah:
Kedua rantai induk diatas sebernanya mirip, sama – sama terdiri dari 7 buah rantai karbon. Oleh karena itu, agar lebih mudah dalam penamaan senyawanya, kita pilih saja rantai induk yang pertama yaitu yang lurus.

Langkah selanjutnya adalah memberi nomor atom karbon rantai induk. Pada senyawa turunan alkana seperti keton ini, penomoran dimulai dari ujung sehingga atom C gugus fungsi mendapat nomor serendah-rendahnya.

Pada senyawa diatas, baik jika nomor dimulai dari ujung kiri ataupun dari kanan, atom C gugus fungsi sama-sama mendapatkan nomor 4. Oleh karena itu, kita gunakan faktor lain dalam menentukan dari ujung mana nomor dimulai.

Nah, untuk itu perhatikan cabang senyawa keton diatas. Di kiri, ada cabang –CH3 {metil}, sementara dikanan adala cabang – C2H5 {etil}. Berdasarkan aturan prioritas, - C2H5 lebih berpioritas dibandingkan – CH3. Oleh karena itu, penomoran dimulai dari ujung kanan.
Karena ada dua cabang pada senyawa diatas, maka akan timbul masalah dalam menulis nama senyawanya yaitu cabang mana yang ditulis lebih dahulu. Nah, mirip dengan alkana, pada senyawa turunan alkana, urutan penulisan nama cabang juga didasarkan pada urutan abjad.

Jadi, untuk menulis nama senyawa keton diatas, etil ditulis terlebih dahulu baru kemudian metil.

Jadi nama senyawa diatas adalah: 3-etil-5-metil-4-heptanon.

Angka 3 menyatakan posisi etil pada rantai induk dan angka 5 menyatakan posisi metil pada rantai induk. Sementara angka 4 menyatakan posisi gugus fungsinya. Hepta menyatakan karbon rantai induknya yang berjumlah 7 buah, dan diberi akhiran –on untuk menamai senyawa keton/alkanon.

Nah, apakah kamu sudah paham cara memberi nama senyawa keton/alkanon dari penjelasan diatas? Jika belum, mari kita coba menamai senyawa keton berikut.

Soal 2
Berilah nama senyawa alkanon berikut ini.
Pembahasan:
Senyawa diatas memiliki tanda kurung pada strukturnya. Tanda kurung tersebut difungsikan untuk memampatkan rumus strukturnya sehingga menjadi lebih simpel. Oleh karena itu, kita harus uraikan kembali senyawa iatas sehingga mudah dalam menamainya.

Hasil penguraiannya adalah sebagai berikut:
Setelah itu, kita tentukan rantai induk dari senyawa diatas. senyawa iatas bahkan memilki kemungkinan rantai induk yang beragam. Namun agar lebih mudah dalam menamai senyawanya, saya pilih rantai induk yang lurus saja.
Jika kita beri nomor dari ujung kiri, maka atom C gugus fungsi mendapat nomor 3. Sementara, jika nomor dimulai dari ujung kanan, atom C gugus fungsi mendapata nomor 4. Karena nomor atom C lebih rendah, maka kita pilih penomoran dari ujung kiri.

Maka nama senyawa diatas adalah: 4,4-dietil-2,2-dimetil-3-heksanon.

Angka 4 yang ada dua buah menyatakan bahwa ada dua buah etil pada karbon induk nomor 4. Begitu juga dengan dua buah angka 2 didepan metil yang menandakan ada dua buah metil pada karbon induk nomor 2. Angka 3 menyatakan posisi gugus fungsi dan heksa menyatakan jumlah karbon rantai induk yang ada 6 buah {heksana + akhiran on = heksanon}.

Nah, semoga dengan dua contoh pembahasan diatas kamu menjadi terbantu dalam menamai senyawa alkanon/keton. Jika ada kesalahan pada pembahasan diatas, mohon dikoreksi dan tulis pada kolom komentar ya agar tidak menyesatkan. Sampai jumpa lagi diartikel lainnya.
You May Also Like
0 Komentar untuk "Tutorial Menjawab Soal Kimia Kelas 12 SMA Materi Tata Nama Senyawa Keton/Alkanon"

Back To Top