Solusi Online Pelajaran Kimia di Sekolah dan Kampus

T1/09/2020

Sifat Fisika dan Kimia Unsur Golongan Alkali Tanah (IIA)

Unsur-unsur alkali tanah atau unsur golongan II terdiri dari:
Berilium (Be)
Magnesium (Mg)
Kalsium (Ca)
Strontium (Sr)
Barium (Ba)
Radium (Ra)
Unsur di atas dinamakan unsur alkali tanah karena memang oksidanya banyak ditemukan di dalam kerak bumi.
Radium merupakan satu-satunya unsur radioaktif dari golongan unsur alkali tanah dan tidak punya isotop yang stabil.

Padatan logam murni unsur unsur alkali tanah berwarna putih keperakan dan mengkilap. Mirip dengan logam alkali, warna kilap dari logam alkali tanah ini juga akan terlihat kusam ketika berkontak dengan udara.

Hal ini disebabkan karena terbentuknya lapisan oksida pada permukaan logam.

Logam alkali tanah juga tekstur lunak dan mudah dibentuk.

Unsur alkali tanah termasuk Kelompok unsur yang sangat reaktif. Oleh karena itu unsur ini tidak pernah ditemukan dalam keadaan bebas dialam melainkan bersenyawa dengan unsur lainnya.

Kalsium dan magnesium merupakan unsur kelima dan keenam paling melimpah di bumi.

Konfigurasi elektron unsur logam alkali tanah menunjukkan bahwa semua unsur golongan ini memiliki kesamaan yaitu mempunyai 2 buah elektron pada kulit terluarnya ( elektron valensi ).

Jari-jari atom dan jari-jari ion unsur logam alkali tanah lebih kecil dibandingkan logam alkali. Tetapi jari-jari ini relatif lebih besar dibandingkan unsur golongan lainnya.

Dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom unsur logam alkali semakin besar seiring meningkatnya jumlah kulit yang terisi oleh elektron.

Energi ionisasi unsur logam alkali tanah lebih besar dibandingkan dengan unsur logam alkali dan dari atas ke bawah dalam satu golongan energi ionisasinya semakin kecil.

Ini disebabkan karena terjadinya peningkatan ukuran atom sehingga gaya tarik inti terhadap elektron terluar semakin lemah. Akibatnya elektron terluar tersebut semakin mudah lepas dari atom.

Sesuai dengan jumlah elektron valensinya yaitu 2, unsur logam alkali tanah dapat membentuk ion + 2. Bilangan oksidasi seluruh unsur logam alkali tanah sama dengan nomor golongannya yaitu kelas 2.

Unsur logam alkali tanah termasuk unsur yang sangat elektropositif walaupun lebih lemah dibandingkan unsur alkali. Artinya unsur logam alkali tanah termasuk unsur yang mudah membentuk ion positif.

Dari atas ke bawah dalam satu golongan sifat logam unsur alkali tanah meningkat, walaupun sifat logamnya lebih kecil dibandingkan dengan logam alkali.

Unsur logam alkali tanah juga memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih rendah dibandingkan logam alkali. Dari atas ke bawah dalam satu golongan tidak tampak keteraturan perubahan titik leleh dan titik didihnya.

Kerapatan yang dimiliki oleh unsur logam alkali tanah lebih rapat dibandingkan logam alkali dan perubahan kerapatannya dari atas ke bawah dalam satu golongan juga tidak menunjukkan kecenderungan yang teratur.

Jika dibandingkan dengan logam transisi, baik titik leleh titik didih maupun kerapatan unsur logam alkali tanah lebih kecil dibandingkan logam logam transisi.

Salah satu yang menarik dari unsur logam alkali tanah adalah warna nyala nya. Warna nyala ini dapat digunakan untuk identifikasi adanya ion-ion logam alkali tanah dalam suatu sampel berdasarkan warna nyalanya yang khas.

Warna nyala masing-masing logam alkali tanah adalah:
Ca = merah bata
Sr = merah tua
Barium = hijau apel
Radium = merah tua

Kelarutan
Kelarutan oksida logam alkali tanah meningkat dari atas ke bawah dalam satu golongan tetapi kelarutan garam sulfat dan karbonat nya menurun.

Selain itu kelarutan garam klorida dan hidroksida logam alkali tanah meningkat dari atas ke bawah dalam satu golongan.

Sebagai Agen Pereduksi
Unsur logam alkali tanah merupakan agen pereduksi yang lebih lemah dibandingkan unsur logam alkali.

Dari atas ke bawah dalam satu golongan sifat pereduksinya meningkat. Hal ini disebabkan karena unsur logam alkali bagian bawah lebih mudah melepaskan elektron dibandingkan dengan unsur yang berada di bagian atas.

Reaksi - Reaksi Logam Alkali Tanah
Reaksi dengan air
M(s) + 2H2O(l) ⇒ M(OH)2(aq) + H2O(g)
Berilium tidak bereaksi dengan air

Reaksi dengan halogen
M(s) + X2(g) ⇒ MX2(s)
M = logam alkali tanah
X = F, Cl, Br, atau I

Reaksi dengan udara
2M(s) + O2(g) ⇒ 2MO(s)
3M(s) + O2(g) ⇒ M3N2(s)

Reaksi dengan hidrogen
M(s) + H2(g) ⇒ 2MH2(s)

Reaksi dengan belerang
M(s) + S(s) ⇒ MS(s)

Reaksi dengan asam dan basa
M(s) + 2HCl(aq) ⇒ MCl2(aq) + H2(g)
M(s) + 2NaOH(aq) ⇒ M(OH)2(aq) + 2Na(s)
Bantu Orang Untuk Temukan Artikel Ini Lewat Tombol Share Di Bawah Ini
0 Komentar untuk "Sifat Fisika dan Kimia Unsur Golongan Alkali Tanah (IIA)"

Back To Top